Bulan Mei tahun 2024 menjadi bulan yang istimewa bagi prodi D4/Sarjana Terapan Perancangan Manufaktur, karena tepat di tanggal 8 Mei 2024, beberapa kelompok mahasiswa Prodi D4 PM atas nama Vincent Axelius Gunawan, dan Yanuarius Wahyu Utama, Wisnu Kuncoro Aji, Ivo Arya Gustantia, Gregorius Dhavito mengikuti perlombaan lomba Krenova dalam rangka agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surakarta melalui Balitbangda yang sekarang berubah menjadi Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Surakarta. Lomba ini diadakan dengan tujuan unutk mendorong terciptanya ekosistem inovasi di lingkungan Kota Surakarta. Tema Lomba Krenova 2024 kali ini adalah “Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat yang Berdaya Saing melalui Optimalisasi Inovasi dan Teknologi Ramah Lingkungan”. Pemerintah Kota Surakarta sudah menyiapkan berbagai apresiasi bagi pemenang diantaranya Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan. Selain itu Pemerintah Surakarta akan memberikan fasilitas lanjutan seperti hilirisasi, pendampingan kekayaan intelektual dan inkubasi bisnis supaya produk hasil lomba Krenova 2024 ini dapat dikomersialkan secara umum
Pelaksanan Lomba Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) Kota Surakarta Tahun 2024 ini diharapkan memberikan output yaitu menumbuh kembangkan minat para pelajar dan masyarakat untuk ikut serta dalam Lomba Krenova Tahun 2024 guna menciptakan karya-karya kreatif dan inovatif yang memenuhi kriteria:
- Memberikan solusi atas persoalan/kebutuhan teknologi yang dihadapi masyarakat, UMKM dan industri
- Membangun produk yang mendukung peningkatan potensi ekonomi masyarakat, UMKM dan industri
- Memberikan peluang usaha baru dan perluasan kesempatan lapangan kerja
- Pemanfaatan bahan baku lokal dan limbah menjadi produk yang bermanfaat
Kegiatan kompetisi di tingkat mahasiswa, membawa manfaat yang sangat besar bagi perkembangan mental serta kepribadian mahasiswa selain menambah pengalaman baru, melatih semangat berkompetisi, unjuk kemampuan, membuktikan penguasaan dan skill dalam dunia engineering, juga sebagai ajang mengukur kedalaman materi yang selama ini sudah dipelajari oleh mahasiswa. Tidak hanbya berhenti sampai selesainya kompetisi saja, pasc lomba perlu dilakukan evaluasi terkait hal apa saja yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran selama ini. Sehingga apa yang dilakukan sewaktu lomba juga berkontribusi pada pengembangan materi pembelajaran di kampus.