Berbagi Pengetahuan Terkait Teknologi Melalui Pelatihan Moldflow

Pada 29 – 31 Maret 2023 telah diselenggarakan pelatihan software Moldflow di Politeknik ATMI Surakarta khususnya prodi Sarjana Terapan Perancangan Manufaktur. Peserta pelatihan dari PT. King Manufaktur atas Prakarsa PT ATMI-Bizdec. Lokasi pelatihan di Lab. Design Advance 1 (Lab Moldflow).

Sejumlah dua peserta karyawan PT King Manufaktur yang mengikuti pelatihan ini. Latar belakang program pelatihan ini adalah peserta dari PT. King Manufaktur yang mengikuti pelatihan memiliki kendala dalam memahami hasil analisa moldflow yang akan digunakan sebagai acuan dalam proses pembuatan molding serta proses injeksi plastik untuk produk yang akan diproduksi, serta terdapat kendala dalam penentuan parameter proses injeksi yang nantinya digunakan

Bentuk kegiatan pelatihan berupa Diskusi, penjelasan materi, menjalankan analisa langsung dengan software moldflow.

Diawali dengan Pengenalan software moldflow terkait fungsi, interface, dan proses analisa yang dijalankan terlebih dahulu sebelum mencoba praktik secara langsung dengan fasilitas computer yang sudah disiapkan sebelumnya.  

Materi yang diberikan meliputi menjalankan analisa moldflow mulai dari persiapan produk yang akan dianalisa, urutan proses analisa, pengaturan dalam analisa yang akan dijalankan, serta melihat hasil analisa, diskusi terkait pembacaan hasil analisa serta menafsirkan hasil analisa yang didapatkan dari proses yang telah dijalankan Harapannya adalah peserta dapat mengerti fungsi dari analisa moldflow dan kaitannya terhadap proses injeksi untuk produk plastik yang akan diproduksi, mampu mengetahui proses yang dijalankan dalam analisa moldflow, serta mampu membaca dan menafsirkan hasil dari analisa moldflow.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *