Pelatihan Pengenalan Teknologi 3D Scan dan 3D Printing

3D printing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang tidak hanya dapat dilihat tapi juga di pegang dan memiliki volume,sedangan 3D scanning adalah teknologi non kontak dan non destruktif yang secara digital menangkap bentuk objek fisik menggunakan garis sinar laser. Pada era revolusi industri 4.0, teknologi cetak tiga dimensi (3D printing) sedang berkembang pesat. Oleh karena itu,kami memberikan pelatihan dasar teknologi cetak 3D dan 3D scan untuk meningkatkan kompetensi dalam memahami dasar teknologi manufaktur 3D printing dan 3D scanning di dunia industri, Peserta pelatihan yang bernama Ika Setiawan dari PT Geomed Indonesia yang memiliki kendala dalam pemograman atau pengoprasian 3D Scan dan print serta dalam kegiatan pelatihan ini ingin memahami tentang dasar-dasar menggunakan 3D Scan dan Print.

Pada 02 – 03 Maret 2023 telah diselenggarakan pelatihan 3D Scan dan 3D Print di Politeknik ATMI Surakarta khususnya prodi Sarjana Terapan Perancangan Manufaktur. Peserta pelatihan dari PT. Geomed Indonesia atas Prakarsa Training Center ATMI – PT ATMI BizDEC. Lokasi pelatihan di Lab. Design Advance 1.

Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya peserta pelatihan mampu memahami dan mengaplikasikan kompetensi dasar tentang rancang bangun dan pengoperasian mesin cetak 3D tipe FDM dan SLA serta memahami konsep dasar tentang Reverse Engineering (rekayasa balik)

Sejumlah dua peserta karyawan PT King Manufaktur yang mengikuti pelatihan ini. Latar belakang program pelatihan ini adalah peserta dari PT. King Manufaktur yang mengikuti pelatihan memiliki kendala dalam memahami hasil analisa moldflow yang akan digunakan sebagai acuan dalam proses pembuatan molding serta proses injeksi plastik untuk produk yang akan diproduksi, serta terdapat kendala dalam penentuan parameter proses injeksi yang nantinya digunakan

Bentuk kegiatan pelatihan berupa ceramah dan diskusi, penjelasan materi. pelatihan 3D Scan dan Print berjalan dengan baik dan lancar. Pembukaan dan penutupan pelatihan dilakukan oleh Bp. Bayu Prabandono selaku Manager Training Center ATMI – PT ATMI BizDEC. Peserta memperoleh sertifikat kepesertaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *